Sunday, July 14, 2013

MATERI DAN ENERGI


MATERI dan ENERGI

 

Api, air, tanah, dan udara merupakan empat elemen penting penyusun alam semesta. Apakah keempat elemen tersebut merupakan materi? Mari kita bahas satu persatu.  Pertama kita harus mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan materi? Sederhana saja,,,Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa.

Apakah air dan tanah menempati ruang dan mempunyai massa? Tentu saja.  Bagaimana dengan udara, apakah mempunyai massa? Seperti air dan tanah, udara dapat menempati ruang dan mempunyai massa.  Untuk membuktikan bahwa udara mempunyai massa kalian bisa melakukan eksperimen sederhana di rumah, yaitu cobalah timbang balon yang sudah diisi udara dan yang belum diisi udara, apakah massa nya sama? Pastilah balon yang sudah diisi dengan udara massa-nya lebih berat dari pada balon yang tidak diisi udara.  Hal tersebut membuktikan bahwa udara memiliki massa sehingga termasuk materi.

Bagaimana dengan api? Apakah api termasuk materi?
Apakah kalian pernah melihat atau mendengar orang yang bisa menimbang api? Kalau pernah segera periksa kesehatan jiwa Anda di Rumah Sakit Jiwa terdekat (hehehe…).  Kalau api bukan termasuk materi lalu apa sih api itu???? Segala sesuatu selain materi digolongkan sebagai energi.  Api adalah salah satu bentuk dari energi hasil pembakaran.

No comments:

Post a Comment

Bagi yang ingin memberikan tanggapan atau pertanyaan dapat di sampaikan pada kolom komentar.